Oleh :
-          Hanifa Fitriana
-          Hasna
-          Ikka Khairunissa


Kesan Selama Di Vol-D

            Pagi itu hari sabtu sekitar awal bulan maret, entah tanggal berapa saya lupa adalah hari pertama saya datang mengikuti rangkaian acara sebelum diklat vol-d geombang 5. Di hari itu ada kegiatan medical check up buat seluruh calon anggota volunteer doctor. Ketika itu saya baru awal dateng karena ketika technical meeting pada pertemuan minggu sebelumnya saya berhalangan hadir. Belum sempet denger akan peraturannya jadi saya dateng jam 8.30 padahal disuruh dateng jam 8. Haha telat gara2 sarapan dulu di bawah, takut medcheck nya lama dan maag kumat. Sebenarnya sih gak maag Cuma kl telat makan pasti perut mual2, asam lambung meningkat dan itu gak banget deh.
            Kegiatan pertama yang saya ikuti yaitu medcheck, malem sebelum medcheck saya mengkonsumsi sate kambing, hahaha jadi ketika saya di hitung tekanan darah, tetehnya kaget karen tekanan darah saya tinggi. Saya juga shock karena sebelumnya saya sering darah rendah. Hahaha. Waktu pun berlalu lalu kemudian kang danfer memberikan pengumuman setelah kegiatan tersebuat beliau akan mengajak kami (calon anggota vol-d gelombang 5) untuk ikut ke Rumbel Ciroyom. Bagi yang tidak sibuk bisa ikut dan merasakan langsung atmosfer menjadi seorang relawan. Ok saya putuskan untuk join ke kegiatan tersebut bersama rekan saya dari kebidanan juga. Singkat cerita saya sampai, jujur itu baru pertama kali saya turun langsung ke lapangan yg jujur tempatnya kumuh banget, sebelumnya sih udah sempet ikut kegiatan sosil kaya gitu di tangerang namanya rumah langit tapi keadaan tempatnya masih cukup terurus, tidak pasar seperti itu. Hmm tp tidak terlkalu terkejut juga sih, karena sebleumnya ada breafing dulu dari kang danfer bagaimana keadaan dari mereka disana. Di rumbel ciroyom saya bertemu banyak berbagai teman baru. Banyak manfaat yg saya petik dari mengikuti kegiatan tersebut saya merasakan lebih bersyukur apa yang sudah allah kasih kepada saya, terlebih ada anak kecil yg bilang “ kk dokter emang gak jijik deket2 aku?” ya ampun aku dipanggil kaka dokter hati merasa sedih seolah membuka luka lama yg gagal masuk kedokteran, hahaha “ gak sayang, knp harus jijik? Kk juga sama kok kaya kamu belom mandi. Mandi sore maksutnya “ jawab saya kepada anak kecil tersebut. Kesan pertama dari kegitan pertama yg saya jalani tersebut sungguh menajubkan. Saya merasa lebih bersyukur dengan keadaan saya seperti ini, masih mampu mencukupi kebutuhan sehari2 dan mengenyam pendidikan hingga bangku universitas.  
            Kegiatan yg kedua yaitu mewakili anak gelombang 5 buat menghadiri kegiatan earth hour, sabtu pagi saya ditelpon oleh kang fidy untuk manghadel anak gel 5 yg ada di nangor yg ingin mengahadiri acara tersebut ditambah diminta membuat video utuk pemutaranhya selama 5 menit,
“ haduh mati gw, mana gw bisa bikin2 kaya gitu”. Tiba2 ada balasan sms dr shereun,kl dia berminat untuk hadir di earth hour Dan kebetulan dia jago banget bikin video kya gitu. Secara dulu kami satu kepantiian di acara besar Paguyuban mahasiswa banten. Hehe. Kemudian kami pun merancang ini itu segala macamnya, dan sayang seklai video tk berhasil diselesaikan karena shereun harus latihan dadakan untuk olympiart dan dia juga tidak bisa hadir. Alhasil saya pun males baut dateg gara2 gak ada temen. Kemudian kang fidy sms buat memberui semangat untuk hadir yasudahlah itung2 memeriahkan stand vol-d deh. Saya bersama 5orang anak kebidanan menghadiri acara tersebut. Seru sekali, pertama kali sya bertatapan langsung dengan gubernur Jwa barat. Ya sebelumnya Cuma liat di tv, memang tak ada something yg gimana gitu ya wong saya bukan warga jawa barat. Hehe
Hanifa Fitriana
Kebidanan Unpad


            Selama mengikuti Vol D saya merasakan banyak ilmu pengetahuan , pengalaman yang lebih khususnya dalam bidang kesehatan. Dimulai dari saya mengikuti seminar yang diadakan oleh anak-anak kedokteran waktu itu saya tertarik dengan adanya Vol D. Setelah daftar dan ingin bergabung ternyata benar-benar asik dimulai dari anggotanya yang ramah terus baik bisa sabar menghadapi calon anggota vol D nantinya.
Banyak banget sih pengalaman yang udah didapet dari Vol D, banyak ilmu yang belum saya dapet ternyata di Vol D dapet dan itu membuat saya menjadi orang yang lebih tau dari teman-teman saya yang tidak mengikuti Vol D. Terus bagian saya mengikuti Balai Pengobatan dengan Vol D itu bener-bener asik dan bisa mengabdi lansung ke masyarakat itu pengalaman yang berharga. Terus kita juga dapet temen-temen yang banyak selain dari anak-anak FK asik deh pokonya J Pesannya lebih untuk tepat waktu,itu aja.
Ikka Khairunnisa
FK Unpad
            KESAN SELAMA DI VOLD
1. Senang bisa bertemu banyak teman baru
2. Senang bisa mendapatkan banyak ilmu baru
3. Senang bisa melayani masyarakat secara langsung (saat mengikuti BP)
4. Setidaknya saya bisa olahraga kembali meskipun hanya saat diklat vold saja. Hehe
5. bergabung di vold hal yg sangat memorable, tidak terlupakan. terutama saat mengikuti balai pengobata . selama jadi relawan saya ketemu orang-orang baru yg menyenangkan. selama jadi relawan saya pun menghadapi konflik di lapangan, yg mengingatkan saya pada beberapa dosen yg sering bilang “jalan kalian di lapangan itu ngga mulus, pasti kalian banyak menghadapi konflik, baik itu melibatkan kalian atau tidak”. selama jadi relawan saya banyak belajar, terutama mengaplikasikan ilmu yg saya dapet di kuliah, yg menurut saya ngga akan mungkin bisa saya aplikasikan kalau saya ngga jadi. misalnya saya belajar secara langsung menganalisis penyakit pasien. catatan: saya menganalisis, bukan mendiagnosis. mendiagnosis penyakit itu tetap ranah kerja dokter, dan saya sebagai bidan ngga boleh menyimpang. saya belajar edukasi ke pasien waktu memberikan obat, saya juga diajari mengukur tekanan darah secara intensif,

Hasna
Kebidanan