Oleh: Dila Larasati (Calon Gelombang 5 VOL-D)

Sejuknya udara Lembang menemani setiap kegiatan kami di Manoko, Lembang tanggal 7-8 April kemarin. Bersama dengan rekan-rekan MITI, Vol-D menjalankan suatu proyek besar untuk bergerak dalam bidang kesehatan yang kegiatannya berupa balai pengobatan. Kegiatan kemarin bukan hanya sekedar balai pengobatan bagi saya pribadi, tapi merupakan sebuah langkah awal dalam proses pengembangan diri.

Diawali pada hari kamis, 5 April kami datang ke student center FK Unpad untuk upgrading dan pembahasan mengenai balai pengobatan. Saat itu kesabaran sedikit diuji karena hari hujan dan waktunya agak molor dari yang sudah ditentukan. Tapi hal itu tidak menyurutkan semangat saya untuk mengikuti kegiatan yang akan dilakukan. Di sanalah kami berkenalan dan mulai mengakrabkan diri dengan anggota VOL-D yang lain.

Sabtu sore kami berkumpul di masjid Salman ITB dan berangkat menuju Lembang. Sebelum berangkat saya ingat betul pesan kang Dani yang intinya luruskan kembali niat untuk memberi dan membantu sesama. Saat itu juga saya bertekad untuk tidak main-main dan akan berusaha sebaik mungkin.

Berbekal flipchart dan persiapan secukupnya saya dan Rara menjalankan amanah untuk memberikan penyuluhan mengenai PHBS. Memberikan penyuluhan merupakan hal baru bagi kami. Tegang, takut, dan rasa tidak tenang mengikuti karena ini merupakan pertama kalinya bagi kami. Dan akhirnya bermodalkan niat untuk memberi, kami pun berhasil melewatinya.

Setelah penyuluhan, balai pengobatan dibuka. Banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui dan banyak yang didapat dari sana. Saya bukan sedang menghadapi orang yang sedang berakting seperti di skills lab, di sana saya belajar menghadapi pasien sebenarnya. Dan saat itu pula saya sadar bahwa inilah yang akan selalu saya temui kedepannya.

Kegiatan kemarin telah membuka pemikiran dan menambah keinginan saya untuk menjadi lebih bermanfaat . Banyak pengalaman dan pelajaran yang didapat menjadikan semangat saya untuk belajar dan untuk mencapai cita-cita semakin besar. Rasa kebersamaan dan kekeluargaan di antara anggota Vol-D juga membuat saya ingin menjadi bagian dari itu. Saya yakin kegiatan kemarin hanyalah awal, pasti akan lebih banyak lagi hal-hal baru yang akan saya hadapi nanti.