oleh : 
An Nisaa Dewi Nur
Andre Ruggery Ichwan
Annisa Dwi Khairina


Assalamualaikum wr.wb.
Kesan selama saya mengikuti Vol D, awalnya saya merasa kegiatan ini merupakan wadah bagi kita untuk mencari ilmu, dengan banyak belajar tentang kerelawanan. Ternyata, bukan itu saja yang saya dapatkan, banyak hal yang bisa diperoleh misalnya, kita dapat belajar langsung di lapangan melalui Balai Pengobatan, kita juga tambah mengerti bahwa banyak yang memerlukan tenaga kita, dan juga tahu arti dari berbagi. Yang paling penting adalah kebersamaan kita di Vol D ini. Kita tidak bisa bekerja sendiri untuk menolong tanpa adanya tim yang hebat. Di sinilah Vol D berperan penting bagi saya, Vol D menyatukan kami semua, melatih kami sehingga kami dari yang belum tahu menjadi tahu.
Pengalaman saya waktu ikut Balai Pengobatan di Dago Pojok, bersama rekan-rekan. Saya kira medan yang kami tempuh tidak begitu jauh, ternyata Subahanallah, jalan yang kami tempuh jauh di pojok sana, sesuai dengan nama daerahnya “Dago Pojok”, di samping jauh jalannyapun menanjak dan berliku-liku. Akan tetapi, setelah kami tiba di sana, warga menyambut kami dengan hangat. Itu cukup menghapus kelelahan kami diperjalanan, apalagi setelah kami memberikan pelayanan kesehatan serta penyuluhan secara cuma-cuma. Rasanya senang sekali melihat masyarakat tersenyum dan mengucapkan terimakasih kepada kami, yang sebenarnya pelayanan tersebut tidak seberapa, tapi mungkin menurut mereka sangat berguna.

kontributor
An Nisaa Dewi Nur

__________________________________

Kesan di Vol-D
            Nama saya Andre Ruggery Ichwan, dan saya adalah peserta diklat Volunteer Doctors yang ke-5. Kesan selama di Vol-D ini yaa, pertama, merasa beruntung banget bisa ikut serta, karena disini saya dapet banyak pengalaman, ilmu, yang nantinya bisa diaplikasikan buat menolong banyak orang. Yang kedua adalah, saya merasa mendapatkan teman-teman baru, tidak hanya dari fakultas kedokteran, tapi juga dari fakultas lain. Hal itu juga membuka kesempatan bagi saya untuk bisa bekerjasama dengan banyak orang, terutama dalam bidang kesehatan. Yang ketiga adalah, saya merasa bahwa kegiatan di Vol-D ini beda dengan kegiatan-kegiatan di organisasi lainnya. Setiap kegiatan selalu diiringi dengan canda dan tawa baik dari kita, peserta diklat, maupun akang-tetehnya. Itulah yang membuat saya sangat senang dan enjoy dalam mengikuti Vol-D ini. Suasananya membuat betah dan membuat saya terpacu buat tetap semangat ikut acara Vol-D.Saya sebenarnya belum pernah mengikuti kegiatan rutin yang dilakukan Vol-D, seperti balai pengobatan. Tapi dari omongan temen2 yang ikut sih, kesannya seru banget dan kerasa banget rasa kekeluargaannya. Karena itulah saya berharap bisa ikut balai pengobatan kalau ada kesempatan. Sekian kesan saya selama di Vol-D, semoga kedepannya Vol-D makin asik!


_______________________________________




Perasaan selama ini ikut diklat dan kegiatan vol-d itu tidak bisa diungkapkan banget secara lewat kata-kata. Yang paling utama terasa itu adalah rasa “nyaman”. Dengan kakak-kakak yang baik dan anggota-anggota gelombang sebelumnya yang selalu membantu, benar-benar membuat terasa nyaman, dan terasa welcome banget untuk ada di sana. Anggota-anggota gelombang sebelumnya ramah, banyak membantu, dan itu yang benar-benar saya suka. Untuk teman-teman gelombang 5 sendiri juga ga kalah baiknya. Meskipun waktu buat kumpulnya jarang sehingga masih kurang dekat satu sama lain, tapi kalau udah ketemu diklat tetep bisa ngobrol pastinya. :D Meskipun saya sendiri juga sebenernya belum bisa hapal satu per satu namanya (maklum kemampuan saya untuk menghafal nama orang cukup buruk) tapi tetap mencobauntuk bisa ngobrol sama yang lain. Makasih banyak banget buat semuanya atas bantuannya selama ini di diklat vol-d dan semoga kita bisa makin kerasa kekeluargaannya :D
Untuk diklatnya, bener-bener kerasa banget manfaatnya, terutama materi-materi yang disampaikannya, sangat bermanfaat. Terutama pas diklat di Sekolah Alam, itu asik banget. Kegiatan yang paling saya ingat itu ketika datang ke rumbel ciroyom, karena memang itu satu-satunya kegiatan yang saya ikut diluar diklat. Saat itu benar-benar terasa banget “disini tempat saya, disini saya bisa menyalurkan apa yang selama ini saya inginkan”. Karena memang bentuk-bentuk kegiatan Vol-d itulah yang selalu saya ingin lakukan. Sebenernya pengeeeennn banget bisa ikut banyak kegiatannya, tapi waktunya sering kurang tepat dan saat itu pernah ya pengen banget itu kegiatan yang di lembang tapi tiba-tiba saya sakit, serius deh kecewa banget jadi ga bisa berkesempatan hadir untuk acara yang nginep di lembang itu, padahal udah pengen banget itu. Beneran deh, pertama kali ikut acara bareng vol-D itu nggak bikin nyesel.
Banyak banget yang bisa saya rasakan di vol-d, rasa “keluarga” yang selalu ditanamkan oleh anggota-anggota gelombang vol-d sebelumnya, rasa nyaman yang ada, dan semuanya. Makasih banyak untuk selama ini vol-d. Rasanya nggak pengen untuk nggak ikut kegiatan vol-d lagi kalau ada waktu. Semoga bener-bener bisa dilantik jadi anggota resmi Vol-d nantinya, aamiin. Tetap semangat semuanya!  \(^o^)/

Annisa Dwi Khairina