Oleh : Veronika Ratih M (Calon Gelombang 5 VOL-D)

Alasan utama saya ikut Balai Pengobatan di Babakan Ciparay ini sebenernya karena saya jadi PJ Balai Pengobatan Hari Gizi Nasional tgl 17 Maret nanti, dan saya belum pernah ikut BP, jadi biar ada bayangan BP itu seperti apa dan suasananya gimana, saya tertarik untuk ikut BP di Babakan Ciparay.
Pagi-pagi jam setengah tujuh saya dan ketiga teman saya, calon VOL-D gelombang 5 (amiiin), nunggu di pangdam, gak lama setelah itu the Dian nyuruh kami masuk ke angkotnya, terus agak lama nungguin yang lainnya siap-siap, setelah siap semua, kita berangkat ke lokasi dengan musik dangdut di dalem angkot yang bikin mabok -____-

Setelah keluar tol, kita sempet bingung mau ke mana, untung aja ada teh Dewi yang dari karang tarunanya jemput kita terus nganterin ke balai pengobatan. Ternyata balai pengobatannya itu acara dari karang taruna kompleks perumahan itu, dan ada donor darah juga. Sesampainya di sana, kami nyusun obat-obatan di meja, dijelasin dikit-dikit sama Teh Caca tentang car abaca resep. Sekitar pukul 9 kita mulai penyuluhan tentang flu burung dengan pemateri Erni dan Teh Dian. Warga belum terlalu ramai yang datang, tapi mereka cukup antusias dengan materi yang dibahas. Saat sesi pertanyaan juga para warga antusias untuk menjawab pertanyaan. Setelah acara penyuluhan selesai, kami memulai acara Balai Pengobatan. Aku dan Shereun berada di ruang pemeriksaan sedangkan Dina dan Dini berada di apotek. Di ruang pemeriksaan aku membantu teh Caca untuk memeriksa tekanan darah dan mengukur berat badan. Di sana pun pertama kalinya aku memeriksa warga dengan tekanan darah yang bervariasi, ada yang sangat tinggi, ada yang normal, ada pula yang rendah. Kemudian aku juga memperhatikan saat Teh Caca menganamnesis pasien, dan ada macam-macam penyakit yang diderita, tapi kebanyakan warga mengeluh hipertensi dan sakit kepala. Jujur saya tidak terlalu mengerti jika pasien berbahasa Sunda.

Lalu saya bergantian dengan teman saya, dan saya bertugas untuk membaca resep dan memberikan obat. Hal ini baru pertama kali saya lakukan. Awalnya cukup sulit untuk mencari obat-obatannya. Namun kelamaan saya agak terbiasa, dan obat favoritnya adalah Ranitide dan Antacid. Sekitar jam 1 siang acara selesai karena hanya sekitar 100 warga. Saya merasa sangat beruntung bisa mengikuti balai pengobatan kemarin. Suatu pengalaman baru yang belum pernah saya lakukan, berinteraksi dengan warga, memberikan obat kepada mereka, serasa dokter beneran haha. Mudah-mudahan saya bisa mengikuti acara-acara VOL-D yang lainnya :D