Oleh : Anonim (Calon Gelombang 5 VOL-D)

Cikapundung, 24/3/2012. Balai pengobatan merupakan tempat pemeriksaan kesehatan di bawah pengawasan tenaga medis. Ada beberapa orang menganggap bahwa pemeriksaan kesehatan merupakan hal yang biasa saja dan kurang bermakna besar, namun apabila kita ketahui bahwa sebagian masyarakat yang lain, mereka begitu sulit untuk menjangkau akses pelayanan kesehatan.  Beberapa orang dengan mudah mendatangi pusat pelayanan kesehatan terdekat dikota tempat tinggalnya, dan sangat berbeda dengan mereka yang berada jauh dari terjangkaunya pelayanan kesehatan seperti puskesmas bahkan rumah sakit.

Oleh karenanya dengan diadakannya balai pengobatan gratis merupakan salah satu kegiatan kerjasama antara Volunteer Doctors (Vol-D) dan Kampus Peduli berupaya membantu masyarakat dengan mudah mendapatkan kesempatan untuk memeriksakan kesehatannya melalui akses yang dapat dijangkau. Vol-D merupakan komunitas terorganisir yang mewadahi mahasiswa dari fakultas-fakultas kesehatan di Unpad dan di luar Unpad untuk aktif dalam kegiatan sosial, kemanusiaan, dan kesehatan.

Sasaran dalam pelaksanaan balai pengobatan ini bukan hanya ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah tua saja, tetapi mencakup ibu hamil, ibu nifas, bayi dan balita, dan lansia serta masih banyak lagi yang datang baik dari daerah sekitar balai pengobatan maupun anak jalanan yang juga terangkul didalamnya.

Bersama Kampus Peduli, Vol-D ikut andil dalam penyelenggaraan balai pengobatan ini dimana sebagai tim medisnya.